Rilis! Program Kemendikbud Guna Meningkatkan Kompetensi ASN PNS dan PPPK

Promotion.com - Kali ini kita akan membahas PNS dan PPPK yang dimana ada program terbaru dari pemerintah yang sangat berguna untuk ASN PNS dan PPPK.

Dalam Program Kemendikbud ini bertujuan untuk meningkatkan atau mengembangkan kompetensi dan kualitas mereka sebagai pegawai.

Rilis! Program Kemendikbud Guna Meningkatkan Kompetensi ASN PNS dan PPPK

Program Kemdikbud yang berguna bagi ASN tersebut memberikan minimal 20 Jam Pelajaran (JP) kepada PNS dan maksimal 24 JP bagi PPPK.

Program Kemdikbud yang telah dirilis sejak 2021 tersebut bernama Wiyata Kinarya Merdeka Belajar (WKMB) yang merupakan sebuah wadah pengembangan kompetensi para ASN, baik PNS maupun PPPK.

Mustangimah selaku Chief of Learning WKMB mengatakan bahwa program Kemdikbud tersebut mengadopsi konsep ‘corporate university’ yang disesuaikan dengan lingkungan Kemendikbudristek.

Mustangimah menjelaskan tentang program WKMB dalam acara Webinar Silaturahmi Merdeka Belajar pada Kamis, 19 Januari 2023.

lebih lanjut, Mustangimah juga mengatakan WKMB didukung teknologi informasi yang disebut platform Merdeka Belajar untuk menyatukan beberapa aplikasi yang telah dimiliki Kemdikbud.

Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kemendikbudristek itu juga mengatakan, platform WKMB memiliki dua aplikasi yang utama, yaitu :

• Learning Management System (LMS)

• Knowledge Management System (KMS)

Ahmad Jalis selaku Widyaiswara Ahli Utama Badan Kepegawaian Negara, mengatakan bahwa pengembangan ASN harus dapat menopang prioritas pembangunan nasional.

Jalis juga mengatakan tentang arah pengembangan ASN yang mempunyai sejumlah aspek yang harus diwujudkan, yaitu inovasi, kesinambungan belajar, dan birokrasi kelas dunia.

Jalis mengatakan bahwa saat ini, BKN mempunyai 2 program pengembangan kompetensi ASN, yaitu:

• Pengembangan yang dilaksanakan secara digital maupun klasikal

Dalam program ini, BKN melakukan penguatan kompetensi dengan merujuk pada standar kompetensi yang ditetapkan.

• Program sertifikasi secara virtual

Dilakukan untuk memastikan bahwa hasil pembelajaran benar-benar mengukur kompetensi ASN.

Terkait implementasi WKMB, Jalis mengatakan bahwa kolaborasi antara lembaga dan kementerian pemerintah harus terus ditindaklanjuti.

Ismayanti selaku Kepala Pusat Teknologi Pengembangan Kompetensi Lembaga Administrasi Negara (LAN), mengaku senang dengan adanya Wiyata Kinarya yang dibentuk Kemdikbud.

Ismayanti mengatakan bahwa dengan adanya WKMB, ASN bisa mendapatkan pengakuan atas pembelajaran yang dilakukannya, karena adanya modul dan rekognisi.

Ismayanti juga berharap Kemdikbud bersedia berintegrasi dengan LMS yang telah diikuti oleh 31 lembaga diklat di seluruh Indonesia.

Kartono selaku Kepala Pusat Bantuan Belajar Universitas Terbuka berharap agar pemenuhan JP yang merupakan hak dari ASN bisa segera diwujudkan.

Hal itu dimaksudkan agar ASN tidak hanya bekerja tetapi juga mempunyai pengetahuan yang selalu update.***


Posting Komentar untuk "Rilis! Program Kemendikbud Guna Meningkatkan Kompetensi ASN PNS dan PPPK "