Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Menteri PANRB Perihal Seleksi ASN PNS dan PPPK 2023

Promotation.com - ASN untuk jabatan PNS dan PPPK di tahun 2023 ada kabar baik bagi pelamar dan honorer.

Menteri PANRB Abdullah Azwaar Anas membagikan kabar baik bagi calon ASN PNS dan PPPK. Dikabarkan akan dibuka sekitar bulan juni, juli, atau agustus yang merujuk pada tahun sebelumnya.

Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Menteri PANRB Soal Seleksi ASN PNS dan PPPK 2023

Maka dari itu, tenaga honorer agar dapat mulai mempersiapkan diri dari sekarang.

Dalam sebuah keterangan resmi, Menteri PANRB menjelaskan bahwa pengadaan ASN dengan status PNS dan PPPK di tahun 2023 akan memprioritaskan beberapa jabatan atau profesi tertentu.

Selain itu, ada kabar baik lain soal seleksi ASN tahun 2023 yang bisa disebut sebagai sebuah keuntungan bagi para pelamar. Agar tidak tertinggal informasi terbaru, simak artikel ini hingga tuntas.

Arah Kebijakan Seleksi Calon ASN 2023, Baik untuk PNS Maupun PPPK

Rekrutmen calon ASN 2023 dengan status PNS dan PPPK tengah dipersiapkan. Saat ini, tahap persiapan untuk menerima calon ASN baru telah sampai pada persiapan pengusulan formasi dari masing-masing instansi di pusat dan pemerintah daerah.

Dalam menghadapi rekrutmen calon ASN PNS dan PPPK 2023, ada berbagai variabel pertimbangan dari Kementerian PANRB demi terpenuhinya kebutuhan ASN yang sesuai dengan kapasitas dan kualitas.

Variabel pertimbangan yang dimaksud tersebut di antaranya indikator jumlah pegawai PNS yang pensiun hingga pemenuhan sumber daya manusia yang mendukung program strategis nasional, seperti kemampuan anggaran dan letak geografis.

Menteri PANRB juga telah menetapkan arah kebijakan untuk pengadaan ASN status PNS dan PPPK di tahun 2023. Ada 4 poin arah kebijakan dari Menteri PANRB, yakni:

Fokus pelayanan dasar

Kebijakan memberi kesempatan seleksi kepada talenta digital

Merekrut calon ASN khususnya PNS secara selektif

Mengurangi rekrutmen jabatan yang akan terdampak perkembangan digital.

Terkait jabatan apa saja yang akan dikurangi dalam rekrutmen calon ASN tahun ini, pemerintah masih melakukan analisis lebih dalam apa saja yang akan terdampak oleh teknologi dan perkembangan digital.

Menurut Anas, perubahan dunia digital sangat cepat, sehingga pemerintah pun mau tidak mau harus turut ikut beradaptasi, salah satunya adalah menggantikan tenaga manusia yang bisa diganti teknologi.

Seleksi Calon ASN 2023 Terbuka untuk Umum

Kabar baik untuk masyarakat yang ingin menjadi ASN tahun ini, Menteri PANRB mengabarkan bahwa rekrutmen PNS dan PPPK 2023 tidak hanya terbuka untuk pelamar dari sekolah kedinasan saja, melainkan juga untuk umum.

“Seleksi tahun ini juga akan dibuka untuk umum, tidak hanya dari jalur sekolah kedinasan,” tuturnya dikutip BeritaSoloRaya.com dari laman resmi Kementerian PANRB.

Selain itu, tenaga honorer di berbagai bidang yang diprioritaskan juga akan diuntungkan. Dengan termasuk dalam jabatan yang diprioritaskan, kesempatan honorer menjadi ASN bisa  lebih tinggi.

Sejalan dengan tahun sebelumnya, formasi PPPK akan diprioritaskan bagi tenaga honorer di bidang pendidikan, kesehatan, dan bidang tenaga teknis lainnya.

Untuk formasi calon PNS 2023, jabatan yang menjadi prioritas adalah hakim, jaksa, dosen, dan tenaga teknis lainnya sesuai Peraturan Menteri PANRB Nomor 45 Tahun 2022.

“Namun, pemerintah juga memberi prioritas kepada talenta digital sebagai bentuk transformasi digitalisasi yang kini sedang dijalankan dalam kerangka arsitektur Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik,” ujar Anas.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com

Posting Komentar untuk "Alhamdulillah, Ada Kabar Baik dari Menteri PANRB Perihal Seleksi ASN PNS dan PPPK 2023"