Hore, Panselnas: Tunggu Sebentar, Pastikan Kuota ASN PPPK Guru Terpenuhi dan Diumumkan Pertengahan Februari 2023

Promotation.com - Guru Honorer masih menantikan informasi resmi dari Panselnas PPPK tahun 2023.

Karena Panselnas dengan pemerintah sedang gencar melakukan koodrinasi dan sinkronisasi guna pengoptimalan pemenuhan kebutuhan PPPK guru tahun 2022.

Hore, Panselnas: Tunggu Sebentar, Pastikan Kuota ASN PPPK Guru Terpenuhi dan Diumumkan Pertengahan Februari 2023

Panselnas yang terdiri dari Kemdikbud, Kementerian PANRB, dan BKN secara resmi telah menunda pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun anggaran 2022.

Seleksi PPPK guru tahun anggaran 2022 ini menjadi salah satu upaya dari pemerintah agar para honorer bisa menjadi pegawai ASN PPPK.

Segala proses seleksi PPPK guru tahun 2022 sudah dijalankan oleh Panselnas, dan memang hanya tinggal pengumuman hasil seleksi saja.

Penundaan hasil seleksi sebagai salah satu langkah Panaselnas untuk memaksimalkan terisinya formasi yang tersedia.  

Nunuk Suryani, selaku Plt. Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Ristek, meminta agar para peserta seleksi dapat memahami kondisi yang terjadi ini.

Menurut keterangan dari Nunuk Suryani bahwa penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022 bertujuan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi guru menjadi ASN PPPK.

Sebagaimana diketahui bahwa sebenarnya setelah seleksi PPPK guru 2022 dilaksanakan, formasi untuk pelamar P1, P2, P3, dan pelamar umum masih ada yang kosong.

Formasi yang kosong dan adanya kuota yang belum terserap itu perlu diperjuangkan agar PPPK guru yang direkrut menjadi lebih banyak jumlahnya. 

“Kami melihat masih ada formasi yang tidak terlamar, sehingga kami ingin memperjuangkan formasi kosong ini, agar dapat diisi oleh pelamar yang belum mendapatkan formasi. Saya harap hal ini dapat dipahami, karena kami ingin jumlah ASN PPPK yang diterima lebih banyak,” ujar Nunuk.

Jika mengacu pada Permendikbud Ristek Nomor 20 Tahun 2022 tentang Pengadaan PPPK untuk Jabatan Fungsional Guru pada Instansi Daerah, Kemdikbud memberikan rekomendasi.

Bagi guru yang saat ini bekerja tidak sesuai dengan kebutuhan di sekolahnya, maka Kemdikbud dapat memberikan rekomendasi penempatan di sekolah lain.

Mengingat hal tersebut, dalam upaya optimalisasi dan pemberian rekomendasi tersebut, dilakukan penundaan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022.

Penundaan dilakukan agar persoalan kuota yang belum terserap dan penataan penempatan guru bisa segera terselesaikan. 

Waktu untuk optimalisasi dan sinkronisasi tersebut memang tidak sebentar, sehingga berdampak pada tahapan pengumuman hasil seleksi PPPK guru tahun 2022.

Perlu dipahami bahwa komitmen pemerintah tidak pernah berubah dalam memperjuangkan kesejahteraan guru untuk pendidikan Indonesia yang lebih baik.

Lebih lanjut, Nunuk Suryani menjelaskan bahwa Panselnas akan mengumumkan hasil seleksi PPPK guru tahun anggaran 2022 pada bulan Februari ini.

“Insya Allah Panselnas akan mengumumkan hasilnya sekitar minggu ketiga atau keempat bulan Februari sesuai arahan BKN,” ujar Nunuk.

Itulah informasi resmi dari Kemdikbud dan semoga bermanfaat ya.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com


Posting Komentar untuk "Hore, Panselnas: Tunggu Sebentar, Pastikan Kuota ASN PPPK Guru Terpenuhi dan Diumumkan Pertengahan Februari 2023"