Para Guru Wajib Tahu, 10 Tips Cara Pendekatan dengan Siswa Agar Tujuan Pembelajaran Tercapai

PROMOTATION.COM - Guru di sekolah memang berperan penting dalam mendidik dan membuat karakter anak didiknya. Maka dari itu sebagai guru yang ingin anak didiknya sukses harus menyampaikan materi dan harus masuk kedalam otak anak didiknya.

Tidak hanya mengajar di kelas saja, seorang guru haruslah memiliki kedekatan dengan para siswanya. Dengan memiliki kedekatan dengan siswa, maka kegiatan pembelajaran pun akan berlangsung menyenangkan dan optimal.

Para Guru Wajib Tahu, 10 Tips Cara Pendekatan dengan Siswa Agar Tujuan Pembelajaran Tercapai

Tidak hanya itu, tujuan pembelajaran dan juga transfer materi pelajaran akan tercapai. Namun, untuk menjalin kedekatan dengan siswa bukanlah hal yang mudah, tetapi juga tidak sulit untuk dilakukan.

Dilansir BeritaSoloRaya.com dari @ditjen.gtk.kemdikbud pada 14 Februari 2023, silahkan ikuti 10 tips berikut agar kedekatan dengan siswa dapat terjalin. Para guru wajib tahu!

1. Mendidiklah dengan Tulus

Kunci utama dan menjadi hal pertama yang harus diikuti oleh para guru agar dekat dengan siswanya adalah mendidik dengan tulus.

Ketulusan yang dimiliki oleh hati seorang guru akan sampai kepada siswanya sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Seorang guru yang mendidik dengan tulus pun akan membuatnya menjadi pembelajar sejati.

2. Hadirkan Kasih Sayang

Ketulusan yang dimiliki akan membuahkan kasih sayang terhadap siswanya. Kasih sayang tersebut akan sangat berarti di benak siswa sehingga membuatnya nyaman dalam mengikuti pembelajaran yang diberikan. Sayangilah para siswa seperti halnya orang tua menyayangi anak-anaknya.

3. Tersenyumlah

Tips ketiga ini akan menumbuhkan suasana yang positif, baik di hati dan pikiran siswa. Senyum juga dapat menghilangkan kesal dan meringankan beban seorang guru. Selain itu dengan tersenyum, hubungan antara siswa dan guru pun akan semakin dekat.

4. Berpenampilan Menarik

Berusahalah untuk memberikan penampilan yang baik dan rapih saat mengajar di depan kelas. Hal ini akan membentuk kesan baik di benak para siswa.

Selain itu membuat siswa tidak canggung untuk mendekat kepada guru. Dapat juga ditambah dengan menggunakan parfum secukupnya.

5. Jadi Sosok yang Menginspirasi

Hal satu ini sering terlupakan oleh para guru bahwa penting untuk menjadi sosok yang menginspirasi para siswa.

Bagaimana caranya? Jadilah guru yang memiliki integritas, kejujuran, amanah dalam tugasnya, selalu menepati janji kepada para siswanya, sampai dengan tidak segan untuk meminta maaf kepada siswanya bila berbuat salah atau belum dapat menepati janji.

6. Humoris atau Hadirkan Tawa dalam Kelas

Suasana humoris dan tertawa bersama para siswa perlu dihadirkan dalam kelas. Dengan demikian suasana kelas menjadi gembira, hati siswa dan guru pun menjadi senang sehingga kegiatan pembelajaran menjadi menyenangkan.

7. Memahami Keadaan Siswa

Siapa yang tidak senang untuk dipahami, diakui, dan diperhatikan? Demikian halnya dengan siswa. Maka hadirkanlah sikap tersebut agar kedekatan dengan siswa dapat terjalin.

8. Selalu Beri Motivasi Kepada Siswa

Tanpa disadari motivasi adalah sesuatu yang dibutuhkan oleh para siswa, terutama bagi siswa yang lemah dalam pembelajaran, tidak memiliki semangat belajar, hingga siswa yang sering melanggar aturan.

Dengan motivasi yang selalu diberikan oleh guru, maka siswa berpeluang untuk berproses menjadi lebih baik lagi.

9. Miliki Sikap yang Profesional

Kuasailah materi yang menjadi bidang sang guru, terutama materi yang bagus dan menarik. Niscaya para siswa akan semangat untuk mengikuti pelajaran, menstimulus mereka untuk bertanya, serta menanti-nanti materi selanjutnya.

10. Hargailah Siswa

Hargai setiap siswa meskipun itu dengan pujian. Luangkanlah waktu untuk memeriksa tugas-tugas yang diberikan kepada para siswa.

Jangan membuat para siswa merasa tugas yang telah dikerjakan dengan susah payahnya tidak menghasilkan apa-apa.

Hal sekecil apa pun penghargaan dari seorang guru terhadap siswanya akan membuat siswa tersebut senang, sehingga kedekatan pun terjalin.

Demikian 10 tips jalin kedekatan dengan siswa yang dapat diterapkan oleh setiap guru. Ingat, keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran dipengaruhi oleh baik/ tidaknya hubungan antara guru dan siswanya. Selamat mencoba.***

Sumber : BERITASOLORAYA.com

Posting Komentar untuk "Para Guru Wajib Tahu, 10 Tips Cara Pendekatan dengan Siswa Agar Tujuan Pembelajaran Tercapai"